S1 Keperawatan

SEJARAH PRODI S1 KEPERAWATAN

Kemajuan teknologi dunia kesehatan dan tuntutan akan pelayanan yang berkualitas mewajibkan perguruan tinggi harus meluluskan tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi, kualitas dan kemampuan yang memumpuni, baik bidang keperawatan, kebidanan dan tenaga kesehatan lainnya. STIKES Mitra Adiguna Palembang mengambil langkah untuk mendirikan Program Studi Sarjana Keperawatan (S1 Keperawatan) untuk menghadapi tuntutan tersebut.

Program Studi S1 Keperawatan berdiri tanggal 28 Maret 2008. Pendirian Program Studi Ilmu Keperawatan ini merupakan hasil upaya bersama antara Kemenristekdikti dan lembaga terkait lain yang telah mendapakan izin penyelenggaraan pendidikan dari Kementrian Pendidikan Nasional dengan Surat Keputusan dari Mendiknas No: 62/D/O/2008. Program Studi SI Keperawatan pada bulan Mei 2015 mengajukan akreditasi ke BAN PT dengan hasil akreditasi  peringkat  C dengan Nomor: 581/BAN-PT/Akred/S/VI/2015. yang berlaku sejak tanggal 22 Juni 2015 sampai dengan 22 Juni 2020 dan untuk Program Studi Pendidikan Profesi Ners sedang dalam tahap pengajuan izin penyelenggaraan dengan mengirimkan Borang pembukaan Program Studi baru Profesi Ners STIKES Mitra Adiguna yang sekarang sedang dalam proses pengajuan. Rencana diselenggarakannya pendidikan Profesi Ners didasarkan kepada tuntutan kebutuhan perawat profesi di rumah sakit yang semakin tinggi yaitu sebanyak 60% dari jumlah pegawai dirumah sakit, kebijakan tersebut tertuang pada Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) tahun 2018 sehingga perlu dilakukan upaya penambahan program studi di lingkungan STIKES.

Program Studi S1 Keperawatan STIKES Mitra Adiguna Palembang menggambarkan tujuan masa depan dalam melaksanakan program pendidikan kedalam Visi, Misi dan Tujuan Program Studi. Visi dan Misi Program Studi S1 Keperawatan STIKES Mitra Adiguna Palembang didasarkan pada Tujuan Pendidikan Nasional yang tertuang dalam Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi pada BAB I Pasal 5 yang menyatakan bahwa Pendidikan Tinggi bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten dan berbudaya untuk kepentingan bangsa serta terwujudnya pengabdian masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga di bentuklah suatu Visi, Misi serta Tujuan dari Program Studi.

Perumusan Visi, Misi dan Tujuan Program Studi S1 Keperawatan mengacu kepada Visi dan Misi  STIKES Mitra Adiguna Palembang, kebijakan pemerintah serta Perkembangan Ilmu dan Teknologi dalam keperawatan yang dilandasi STATUTA, RENSTRA, RENOP dan RIP STIKES Mitra Adiguna Palembang. Penentuan dan pemilihan Visi, Misi dan Tujuan Program Studi S1 Keperawatan dengan keunggulan keperawatan yang profesionalisme (berkompetensi, mandiri dan religius) juga sejalan dengan Visi STIKES yang mana dinyatakan untuk mencapai tenaga keperawatan yang profesioal dan mampu bersaing di tingkat nasional, regional dan internasional. Pendekatan profesionalisme memiliki kesusuaian dalam pencapaian Visi STIKES Mitra Adiguna Palembang.

Program Studi S1 Keperawatan STIKES Mitra Adiguna Palembang telah memiliki Visi, Misi dan Tujuan Program Studi sejak pertama didirikan, seiring dengan tuntutan perubahan-perubahan yang terjadi seperti perubahan ilmu pengetahuan yang memakin berkembang, perubahan kebutuhan yang semakin meningkat, perubahan perundang-undangan dan perubahan arah pengembangan pelayanan kesehatan serta penyesuaian dengan kebutuhan yang terjadi di sekitar masyarakat maka perlu dilakukan rancangan perumusan revisi dari Visi, Misi dan Tujuan dari Program Studi S1 Keperawatan. Dimana rancangan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi S1 Keperawatan yang telah di revisi mengacu pada Keperawatan Gerontik.

Rancangan perumusan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi S1 Keperawatan selain berdasarkan kepada Visi dan Misi STIKES Mitra Adiguna Palembang didasari juga pada analisis lingkungan internal dan eksternal yang kemudian dikembangkan kembali menjadi suatu Visi, Misi Tujuan dan Sasaran dari Program Studi S1 Keperawatan. Analisis lingkungan internal; Program Studi S1 Keperawatan memiliki tenaga pendidik yang memumpuni di bidang keperawatan dengan kualifikasi Dosen Magister Keperawatan (S2 Keperawatan) dan Dosen Magister Kesehatan (S2 Kesehatan). Dosen tersebut memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda dan bervariasi yang sesuai bidang keilmuan yang harus dicapai oleh mahasiswa. Sedangkan analisis lingkungan eksternal; semakin pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) terkait Keperawatan Gerontik dan semakin bervariasinya masalah kesehatan global (faktor ekonomi, lingkungan dan sosial) yang berpengaruh terhadap kesehatan individu saat ini. Sehingga diperlukan suatu strategi inovasi yang mengarah ke kualitas kesehatan dan bidang Keperawatan Gerontik tersebut.

Secara geografis, STIKES Mitra Adiguna Palembang memiliki tempat yang strategis yaitu ditengah-tengah kota Palembang tepatnya berada di Jalan Komplek Kenten Permai Blok J No.9-12, Bukit Sangkal, Kec. Kalidoni, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah STIKES Mitra Adiguna Palembang rutin melakukan kegiatan komunitas di Puskesmas dan aktif dalam kegiatan posyandu lansia sehingga diperlukannya suatu Visi, Misi dan Tujuan untuk mendukung kegiatan tersebut agar tercapainya kualitas kesehatan yang optimal di lingkungan sekitar STIKES Mitra Adiguna.

Dari berbagai alasan inilah menguatkan pemilihan Visi, Misi dan Tujuan Program Studi S1 Keperawatan STIKES Mitra Adiguna Palembang dalam memproduksi lulusan keperawatan yang memiliki ketrampilan dan kemampuan dalam melakukan asuhan keperawatan sesuai standar yang berkualitas khususnya Keperawatan Gerontik.

Mekanisme penyusunan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi S1 Keperawatan dilakukan dengan melibatkan lingkungan internal seperti seluruh civitas akademika, meliputi unsur pimpinan/ketua, dosen, tenaga kependidikan, perwakilan mahasiswa, alumni dan lingkungan eksternal atau stakeholder yaitu, Dinas Kesehatan, PPNI, AIPNI,  serta pengguna lulusan seperti Rumah Sakit yang berada dilingkungan wilayah Palembang seperti Rumah Sakit Pelabuhan, Rumah Sakit Islam Siti Khatijah, Rumah Sakit dr. A.K Gani, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Pusri dan Rumah Sakit dr. Ernaldi Bahar Sumatera Selatan dalam beberapa kali rapat pertemuan, sumbang terima maupun diskusi terkait Visi, Misi dan Tujuan dari Program Studi S1 Keperawatan. Berikut ini akan diuraikan mekanisme pembentukan Visi, Visi dan Tujuan Program Studi S1 Keperawatan:

  1. Program Studi S1 Keperawatan memiliki Visi, Misi dan Tujuan sejak pertama didirikan dari tahun 2008 yang mengacu pada memenuhi standar kompetensi keperawatan, mandiri dan beriman serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika. Setelah dilakukannya evaluasi, sumbang temina, diskusi dan rapat internal STIKES akhirnya diputuskan Visi, Misi dan Tujuan Program Studi S1 Keperawatan yang sudah ada harus diadakan revisi, revisi tersebut disesuaikan kembali dengan pencapaian target sasaran Program Studi. Tahap awal pengembangan revisi visi, misi dan tujuan dimulai dari pembentukan Tim penyusun Visi, Misi dan Tujuan Program Studi dengan SK Nomor: 045/STIKES-SKEP/1812/KPTS/VII/2018. Setelah Tim penyusun sudah terbentuk kemudian dilakukan pemaparan dari visi, misi dan tujuan oleh tim penyusun dihadapan seluruh anggota civitas akademika.
  2. Visi, Misi dan Tujuan Program Studi melalui proses yang panjang mulai dari pembentukan rumusan revisi Program Studi, pembentukan tim penyusun, diskusi rapat internal pada 23 Juni 2018 di Program Studi S1 Keperawatan, pemaparan visi, misi dan tujuan antar Program Studi selanjutnya akan dilanjutkan pemaparan visi, misi dan tujuan tingkat STIKES yang dihadiri ketua STIKES, Wakil Ketua I bidang akademik, Wakil Ketua II bidang non-akademik, seluruh civitas akademika. Setelah ditemukan kesepakan, maka akan dibuat Surat Keterangan dari Visi, Misi dan Tujuan Program Studi S1 Keperawatan pada tanggal 16 Juli 2018 dengan SK Nomor: 064/STIKES-KEP/1812/KPTS/II/2019. yang kemudian disosialisasikan ke lingkungan eksternal STIKES Mitra Adiguna Palembang.
  3. Setelah didapatkan keputusan terkait Visi, Misi dan Tujuan Program Studi,  kemudian pada tanggal 18 Januari 2019 dilakukan workshop antar stakeholder Rumah Sakit kerjasama (Rumah Sakit Pelabuhan, Rumah Sakit Islam Siti Khatijah Palembang, Rumah Sakit dr. A.K Gani, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Pusri, Rumah Sakit Ernaldi Bahar Sumatera Selatan), Dinas Kesehatan, PPNI dan AIPNI yang membahas kurikulum serta Visi, Misi dan Tujuan Program Studi S1 Keperawatan. Hasil dan masukan yang didapat akan menjadi koreksi bersama untuk membangun visi, misi dan tujuan yang telah ada menjadi lebih baik lagi, salah satu masukannya adalah untuk menekankan suatu penciri khusus dari Program Studi S1 Keperawatan dan dapat diaplikasikan dilingkungan masyarakat umum dalam hal ini visi misi yang dikhususnya yaitu Keperawatan Gerontik. Hasil workshop tersebut diserahkan ke Ketua STIKES melalui Wakil Ketua I bidang akademik yang selanjutnya disahkan dan ditetapkan oleh Ketua STIKES Mitra Adiguna Palembang dalam bentuk Surat Keputusan dengan nomor: 064/STIKES-KEP/1812/KPTS/II/2019 tentang penetapan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi S1 Keperawatan STIKES Mitra Adiguna Palembang tahun 2019.

VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN

Visi Program Studi S1 Keperawatan

Menghasilkan perawat yang unggul dan profesional dibidang keperawatan gerontik sesuai perkembangan IPTEK tahun 2023.

Misi Program Studi S1 Keperawatan

  1. Mengembangkan sistem pendidikan Keperawatan yang unggul dan berwawasan global dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan keperawatan khususnya keperawatan gerontik.
  2. Melaksanakan penelitian keperawatan berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan keperawatan yang dapat digunakan untuk pengembangan ilmu keperawatan terutama keperawatan gerontik.
  3. Berperan serta dalam penerapan ilmu keperawatan melalui pengabdian kepada masayarakat yang berfokus kepada keperawatan gerontik.
  4. Membangun jejaring kerjasama dengan berbagai instansi pendidikan, pelayanan dan pemerintah baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tujuan Program Studi S1 Keperawatan :

  1. Dihasilkannya lulusan perawat yang mandiri dan unggul dikeperawatan gerontik.
  2. Dihasilkannya karya-karya penelitian yang bermutu dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan keperawatan yang bekerja sama dengan masyarakat
  3. Terlaksanya  mutu dan jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa

Diperolehnya jejaring kerjasama dan kemitraan dengan berbagai lembaga pemerintah atau swasta baik didalam maupun di luar negeri

Sasaran Program Studi S1 Keperawatan

  1. Menghasilkan tenaga Keperawatan yang unggul dan berwawasan global dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan keperawatan khususnya keperawatan gerontik.
  2. Menghasilkan tenaga Keperawatan yang mampu melakukan penelitian keperawatan berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan keperawatan yang dapat digunakan untuk pengembangan ilmu keperawatan terutama keperawatan gerontik.
  3. Menghasilkan tenaga Keperawatan yang berperan serta dalam penerapan ilmu keperawatan melalui pengabdian kepada masayarakat yang berfokus kepada keperawatan gerontik.
  4. Menghasilkan tenaga Keperawatan yang dapat membangun jejaring kerjasama dengan berbagai instansi pendidikan, pelayanan dan pemerintah baik dalam negeri maupun luar negeri.